Profil Walhi Kalbar

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Sunday, April 5, 2020

Profil Walhi Kalbar


EKSEKUTIF DAERAH
Nikodemus Alle (Direktur Eksekutif Daerah)

Endang Sri Lestari (Kepala Kantor Sekretariat)
Sri Hartini (Kepala Divisi Keuangan)
Hendrikus Adam (Kepala Divisi Kajian dan Kampanye)
Andreas S. Illu (Kepala Divisi Advokasi dan Kolaborasi)
Margareta Koni (Staf Divisi Advokasi dan Kolaborasi)
Matius Tio Dharma (Janitor)

Tentang WALHI
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia atau yang selanjutnya dikenal dengan WALHI merupakan organisasi lingkungan hidup independen dan non-profit terbesar di Indonesia yang terus membangun gerakan bersama rakyat menuju lingkungan hidup yang adil dan lestari. WALHI di Kalimantan Barat berdiri tahun 1990 sebagai reaksi dan keprihatinan atas permasalahan lingkungan hidup maupun pengelolaan sumberdaya alam yang diakibatkan kegiatan pembangunan berbasis ekstraktif. WALHI mengajak berbagai pihak untuk menggalang kekuatan rakyat untuk terus memperjuangkan (hak atas) lingkungan hidup dan kemanusiaan.

Di Indonesia, WALHI telah ada sejak 15 Oktober 1980. Hadir di 28 propinsi dengan total 479 organisasi anggota dan 156 anggota individu (terhitung Desember 2011) yang secara aktif berkampanye di tingkat lokal, nasional dan internasional. Di tingkat internasional, WALHI berkampanye melalui jaringan Friends of the Earth Internasional yang beranggotakan 71 organisasi akar rumput di 70 negara, 15 organisasi afiliasi, dan lebih dari 2 juta anggota individu dan pendukung di seluruh dunia.

Alamat Sekretariat WALHI Kalimantan Barat di Jalan Husni Thamrin, Komplek Universitas Tanjungpura Blok P. 25 Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kode Pos 78124.
Telepon           : (0561) 738627
Email               : walhikalbar@walhi.or.id
Website           : www.walhikalbar.org

DEWAN DAERAH
Ansilla Twiseda Mecer (Ketua)
Diana Febriani (Anggota)
Agapitus (Anggota)

VISI, MISI DAN NILAI DASAR
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia merupakan organisais lingkungan hidup independen – non profit yang melakukan advokasi lingkungan hidup dan hak asasi manusia dengan visi; Terwujudnya suatu tatanan sosial, ekonomi dan politik yang adil dan demokratis yang dapat menjamin hak-hak rakyat atas sumber-sumber kehidupan dan lingkungan hidup yang sehat dan berkelanjutan. Sedangkan misi WALHI adalah sebagai berikut;
1)   Mengembangkan potensi kekuatan dan ketahanan rakyat
2)   Mengembalikan mandat negara untuk menegakkan dan melindungi kedaulatan rakyat
3)   Mendekonstruksikan tatanan ekonomi kapitalistik global yang menindas dan eksploitatif menuju ke arah ekonomi kerakyatan
4)   Membangun alternatif tata ekonomi dunia baru
5)   Mendesakkan kebijakan pengelolaan sumber-sunber kehidupan rakyat yang adil dan berkelanjutan

Adapun nilai dasar organisasi sebagai berikut;
1.    Menghormati Hak Asasi Manusia; Kesadaran, sikap dan tindakan yang mengutamakan dan menilai tinggi nilai-nilai Hak Asasi Manusia.
2.    Demokratis; dimana pelibatan konstituen (rakyat) yang aktif dalam sebuah proses pengambilan keputusan kolektif dan memberikan kesamaan hak-hak, kesetaraan politik dan partisipasi rakyat dalam menjalankan kendali hasil keputusan tersebut.
3.    Keadilan gender; Semua orang berhak memperoleh kehidupan dan lingkungan hidup yang layak tanpa membedakan jenis kelamin, agama dan status sosial. Berkelakuan adil terhadap laki-laki dan perempuan dalam hal peran dan tanggung jawab yang terjadi karena keadaan sosial, budaya masyarakat maupun kebijakan politik negara.
4.    Keadilan ekologis; menekankan pentingnya akses masyarakat pada benefit atas pemanfaatan sumber daya dan keadilan pengakuan yang menekankan pada pentingnya pengakuan terhadap eksistensi keragaman cara masyarakat mengelola alam.
5.    Keadilan antar generasi; Semua generasi baik sekarang maupun mendatang berhak atas lingkungan yang berkualitas dan sehat
6.    Persaudaraan sosial; Membangun kebersamaan dan solidaritas yang tinggi, dan mengikat diri dalam kerja-kerja sosial antar warga. Semua orang memilik hak sipil, politik, ekonomi, sosial dan budaya yang sama.
7.    Anti kekerasan; Kesadaran, sikap dan tindakan yang menolak serta melawan praktek olah/unjuk kekerasan yang dilakukan oleh individu, kelompok, modal dan negara.
8.    Keberagaman; Mengakui kesederajatan manusia dalam keragaman atau kemajemukan yang merupakan kenyataan sekaligus keniscayaan dalam kehidupan di masyarakat.

SEJARAH
Wahana Lingkungan Hidup Indonesia di Kalimantan Barat telah ada sejak tahun 1990. Adapun sejarah awal berdirinya WALHI di Indonesia sejak 15 Oktober 1980 dapat di lihat dengan mengklik alamat sebagai berikut; https://walhi.or.id/sejarah/

ANGGOTA
Keanggotaan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia terdiri dari lembaga dan individu (perorangan). Adapun anggota WALHI Kalimantan Barat meliputi 12 lembaga dan 38 orang anggota individu sebagai berikut:
1.    12 Anggota lembaga yakni Institut Dayakologi (ID), Lembaga Bela Banua Talino (LBBT), Elpagar, Yayasan Karya Sosial Pancur Kasih (YKSPK), TOMAS, Lanting Borneo, Perkumpulan Pancur Kasih, Gemawan, CU Filosopi Petani Pancur Kasih, Institut Manua Punjung, Riak Bumi, Lembah.
2.    Anggota Individu 38 orang yakni 1) Yohanes RJ, 2) B. Hendi Candra, 3) Momonus, 4) Leuten, 5) Albertus Amed, 6) Stefanus Masiun  7) Dariyus Sila, 8) Marius Segimin, 9) H. Gimawan D., 10) Adil Bertus As, 11) Rufinus Astomo, 12) Cosmas, 13) Marsiana Ekawati, 14) Suriyanto, 15) Abdul Aziz Ws, 16) Lorensius Kumain, 17) Faustinus Liongkun, 18) Yunus Somegadi, 19) Sekundus Ritih, 20) Cion Alexander, 21) Aleksius Saman, 22) Joni Rudwin, 23) Mohammad Syamsuri, 24) Joko Waluyo, 25) Tedjo Sukmono, 26) Mila, 27) Donna Youlla, 28) Mina Susana Setra, 29) Happy Hendrawan, 30) Wening Prati Asa, 31) Aprilius Siban, 32) Norman Jiwan, 33). Niko Andasputera, 34) Abulipah, 35). Mariamah Achmad, 36). Agapitus, 37). Tono, dan 38). Jumadi Asnawi.

DONASI LINGKUNGAN
Hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi setiap diri kita sebagai manusia. Pemenuhan, pemajuan, perlindungan dan penegakan hak mendasar tersebut menghendaki kehadiran Negara sebagai pemangku kewajiban asasi. Namun demikian, usaha untuk terus memperjuangkan kondisi lingkungan hidup yang baik dan nyaman di huni bagi semua perlu terus diperjuangkan dan disuarakan.

WALHI Kalimantan Barat mengajak para sahabat untuk mendukung gerakan advokasi lingkungan hidup dan hak asasi manusia dalam mewujudkan pemenuhan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat melalui donasi.

Yuk, silakan salurkan donasimu pada alamat Walhi Kalimantan Barat dan atau melalui nomor rekening sebagai berikut;
Jalan Husni Thamrin, Komplek Universitas Tanjungpura Blok P. 41 Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Kode Pos 78124.
Telepon           : (0561) 738627
Email               : walhikalbar@walhi.or.id
Website           : www.walhikalbar.org
Rekening Bank Mandiri atas nama Yayasan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia 1460010348584

KEDAI HIJAU
Melalui Kedai Hijau, kami menyediakan ruang untuk menampung hasil kerajinan dari wilayah kelola rakyat. Kami juga menjual aneka jenis barang berupa buku, tas kain dan tenun, gelang, kalung, baju, syal tenun dan lain-lain. Bagi yang ingin mendapatkan barang di Kedai Hijau Walhi Kalimantan Barat silakan datang langsung ke alamat kami Jalan M. Husni Thamrin P. 41 Pontianak. Atau dapat menghubungi saudari Endang Sri Lestari di nomor HP berikut 081250656441. 




Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage