Walhi Pantau Proses Hukum Karhutla

Main Posts Background Image

Main Posts Background Image

Tuesday, April 7, 2020

Walhi Pantau Proses Hukum Karhutla

SANGGAU, SP - Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Kalbar kembali bersuara terkait proses hukum kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Terutama terhadap kasus yang menyeret dua korporasi di Kabupaten Sanggau, yaitu PT SISU dan PT SAP.

“Tentu kita menyambut baik langkah yang dilakukan pihak kepolisian atas dua kasus (PT SISU dan PT SAP) di Kabupaten Sanggau yang sedang ditangani. Namun penegak hukum harus memastikan bahwa penanganan kasus tersebut diiringi dengan keterbukaan informasi dan prosesnya,” kata Kepala Divisi Kajian, Dokumentasi dan Kampanye Walhi Kalimantan Barat Hendrikus Adam, Minggu (14/9).

Sementara kepada masyarakat perorangan yang diproses hukum, lanjut dia, hendaknya juga dilakukan secara terbuka dengan memberikan akses informasi kepada publik terkait duduk persoalan hukum yang dihadapi. Jangan ada kriminalisasi kepada masyarakat peladang berkearifan lokal, karena praktik pertanian turun temurun jelas dilindungi Undang-undang.

“Kami akan terus memantau sejauh mana pemerintah melalui aparatur penegak hukum sungguh-sungguh memiliki komitmen dalam penegakan hukum kasus Karhutla yang berkeadilan. Jangan hanya tajam ke bawah namun tumpul ke atas,” tegas Adam. Baca selengkapnya

Error 404

The page you were looking for, could not be found. You may have typed the address incorrectly or you may have used an outdated link.

Go to Homepage